Algoritma grafik dasar meliputi algoritma graph-traversal (bagaimana seseorang bisa mencapai semua titik dalam jaringan?), algoritma shortest-path (apa rute terbaik antara dua kota?), dan pemilahan topologi untuk grafik dengan tepi diarahkan (adalah satu set kursus dengan prasyarat mereka konsisten atau kontradiksi-diri?). Untung, algoritma ini dapat dianggap ilustrasi teknik desain umum;
Beberapa masalah grafik adalah komputasi sangat sulit; contoh paling terkenal adalah masalah salesman bepergian dan masalah mewarnai grafik. Masalah salesman keliling (TSP) adalah masalah menemukan tur terpendek melalui n kota yang mana setiap kota di kunjungi hanya satu kali. Selain aplikasi yang jelas melibatkan perencanaan rute, muncul dalam aplikasi modern seperti sirkuit fabrikasi papan dan chip yang VLSI, X-ray kristalografi, dan rekayasa genetika. Masalah mewarnai grafik berusaha untuk menetapkan jumlah terkecil dari warna untuk simpul grafik sehingga simpul yang berdekatan tidak memiliki warna yang sama.
Sumber :
- Levitin, Anany. Introduction to The Design and Analysis of Algorithms
- Levitin, Anany. Introduction to The Design and Analysis of Algorithms
0 komentar:
Posting Komentar